Kiat-kiat terkabulnya doa - by Tiara Wahidah


KIAT-KIAT TERKABULNYA DOA

Doa merupakan salah satu permohonan dan pujian dari seorang hamba yang rendah  kepada Allah SWT yang Maha Agung. Dalam salah satu hadits riwayat yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah mengatakan bahwa “Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepadanya”. Jadi, sebagai seorang hamba sudah seharusnya kita berdoa atau meminta kepada Allah SWT karena orang yang tidak mau berdoa adalah orang-orang yang sombong. Padahal sebagai seorang hamba, kita mempunyai banyak kelemahan dan berbagai kebutuhan yang tidak mungkin bisa dipenuhi sendiri melainkan berharap datangnya pertolongan dari Allah SWT
Dalam berdoa, tentunya semua orang menginginkan agar doa yang ia minta dikabulkan oleh Allah namun tidak semua doa akan dikabulkan. Ada hal-hal yang harus dipenuhi agar doa dapat terkabu. Hal-hal yang harus dipenuhi tersebut yaitu:

Yang pertama, orang yang berdoa harus bersih dari konsumsi barang yang haram. Hal ini sesuai dengna kandungan sebuah hadits riwayat yang menyatakan bahwa suatu ketika, sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash pernah meminta kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah berdoalah kepada Allah supaya Allah menjadikan aku sebagai orang yang selalu dikabulkan bila berdoa”. Kemudian Rasulullah SAW menjawab: “Wahai Sa’ad, bersihkan dulu perutmu dari konsumsi barang yang haram. Pasti engkau menjadi orang yang selalu terkabulkan doanya. Demi Allah, orang yang menelan sekepal saja barang haram di perutnya, doanya tidak akan diterima selama 40 hari 40 malam. Dan siapa saja yang badannya tumbuh dari barang haram serta riba, maka nerakalah yang pantas menerimanya.
Maka dalam kondisi seperti ini, orang-orang yag berpuasa adalah orang-orang yang dikabulkan doanya. Karena orang yang berpuasa merupakan salah satu dari 3 golongan yang doanya tidak akan ditolak. Sabda Rasulullah SAW “Ada 3 golongan yyang tidak akan ditolak doanya, yaitu pemimpin yang adil, orang-orang yang berpuasa hingga berbuka, dan orang-orang yang didzalimi” (HR. At Tirmidzi)
Khusus menyangkut orang-orang yang berpuasa, Rasulullah SAW bersabda bahwa: “Ada satu waktu, yang apabila ia berdoa maka doanya tidak akan ditolak. Waktu itu adalah detik-detik saat berbuka tiba.”
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Bagi orang-orang yang berpuasa ketika akan berbuka, ada waktu yang apabila berdoa pasti dikabulkan” (HR. Abu Daud.)
Oleh karena itu, sebagai seorang muslim sudah selayaknya  kita berhati-hati, jangan sampai mengkonsumsi barang-barang yang haram.
Hal yang kedua adalah orang yang berdoa harus bersih jasmani dan rohaninya. Berdoa adalah meminta kepada Allah SWT yang Maha Agung. Ini berarti dalam berdoa kita harus dalam keadaan suci. Selain itu, kita juga harus menyertai doa tersebut dengan hati yang ikhlas. Karena Allah sangat mencintai hamba-hambanya yang ikhlas dan sabar.
Jadi, sebagai seorang hamba , kita harus senantiasa meminta kepada Allah SWT dan juga harus memenuhi kiat-kiatnya sehingga doa yang kita minta akan terkabul.

DIBALIK WUDLU SEBELUM TIDUR

Berwudlu adalah salah satu ibadah yang diwajibkan Allah SWT bagi hambaNya sebelum melakukan sholat. Salah satu tujuannya adalah mensucikan diri agar semua ibadah dan doa yang kita minta dikabulkan oleh Allah SWT. Selain sebelum sholat, wudlu juga bisa bermanfaat meskipun dilakukan dalam keadaan yang tak terdua. Salah satunya dianjurkan sebelum tidur. Kenapa wudlu dianjurkan sebelum tidur?
Memang wudlu sebelum tidur kedengarannya sepele. Tapi jangan dianggap enteng. Pasalnya Rasulullah SAW senantiasa berwudlu sebelum beliau tidur. Karena selain sebagai ibadah, wudlu sebelum tidur juga bermanfaat besar bagi kesehatan, misalnya saat kita melakukan salah satu gerakan wudlu yaitu menghirup air dalam hidup (istinsyaq) dapat mencegah berbagai penyakit dalam hidung. Juga saat mencuci tangan orang yang berwudlu dapat terjaga kebersihan tangannya.
Selain itu, menurut penelitian para ahli, disebutkan bahwa kuman pada orang yang berwudlu lebih sedikit daripada orang yang tidak berwudlu. Untuk itulah semua orang dianjurkan berwudlu sebelum tidur.
Tapi selain itu, ada juga manfaat-manfaat lain yang didapatkan ketika berwudlu sebelum tidur.
1.     Berwudlu dapat merilekskan otot-otot sebelum istirahat.
Percikan air yang mengalir saat melakukan semua rangkaian gerakan wudlu membuat semua otot-otot yang digunakan beraktifitas seharian penuh menjadi lebih rileks, sehingga saat tidur lebih nyaman dan saat bangun sudah dalam keadaan segar
2.     Berwudlu mencerahkan kulit wajah
Setiap air wudlu yang mengalir kewajah dapat menghilangkan noda dan kotoran yang menempel di wajah. Oleh karena itulah, banyak para ulama yang mengatakan bahwa wudlu dapat membuat wajah menjadi bersinar. Sehingga dengan wudlu dapat dibedakan antara orang  yang beriman dan tidak beriman.
3.     Orang yang berwudlu akan didoakan oleh malaikat.
Orang yang berwudlu adalah orang yang mulia. Terbukti dengan doa dari malaikat terhadap orang yang berwudlu sebelum tidur. Hal ini terdapat dalam sabda Rasulullah SAW. “Barang siapa tidur dalam keadaan suci (berwudlu) maka malaikat akan tetap mengikutinya. Lalu ketika ia bangun niscaya malaikat akan mengucap”Ya Allah, ampunilah hambamu itu. Karena ia tidur dalam keadaan suci”” (H.R Ibnu Hibban dan Ibnu Umar R.A)
4.     Apabila meninggal, meninggalnya adalah mati syahid.
Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Umar bin Harits yang berbunyi “Barang siapa tidur dalam keadaan berwudlu, maka apabila ia mati. Maka matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah”
Jadi manfaat dari wudlu sangat banyak terutama wudlu sebelum tidur. Jika kita sudah mengetahui manfaat-manfaatnya sebaiknya kita melakukan wudlu sebelum tidur. Terutama bagi kita yang beragama Islam, hendaknya kita harus menjaga kesucian diri dengan berwudlu, karena sesungguhnya Allah akan melindungi dan selalu berada disisi orang-orang yang suci.
Artikel by: Tiara Wahidah

Posting Komentar

0 Komentar