Pengalaman Kirim Barang ke Amerika via Pos Indonesia | Bagian Dua

sumber foto: wikipedia


 Seperti yang pernah aku ceritain di postingan sebelumnya, aku kirim barang ke Amerika sekitar empat tahun yang lalu. Iya empat tahun lalu. Kenapa baru cerita sekarang? Karena baru kepikiran dan baru sempet nulis juga :@ plus, jadi salah satu pengalaman paling menyedihkan sekaligus menyenangkan.

Pada 28 November 2014  di mana waktu itu aku kirim barang ke keluarga  Adam Saleh yang tinggal di New York via Pos Indonesia. Awalnya aku agak ragu untuk kirim barang ke sana. Gimana engga? Waktu itu kurs rupiah kurang lebih Rp 12.000,- sedangkan harga untuk kirim ke sana sekitar 17 USD/kg (seingetku).  Jadi, jika dirupiahkan, maka perkilonya sekitar Rp 204.000,- tahun 2014 tentu uang 204.000,- tentu banyak banget, apalagi bagiku yang waktu itu masih sekolah. Butuh 40 hari buat nabung tanpa uang saku. Btw, dulu uang sakuku sekitar 5000 perak :)) karena kirim barang ke Amerika adalah pengalaman pertamaku, ketakutannya cuma satu: kalau ga nyampe ke tangan Adam gimana? Mahal tjuy..
Akhirnya setelah banyak pertimbangan, aku nekat buat kirim barang ke Amerika. Aku kirim barang via Surat LN Pos Indonesia. Kenapa Surat LN? Karena waktu itu dari sekian banyak pilihan biaya & estimasi pengiriman, Cuma Surat LN yang paling murah. Walaupun estimasi waktu pengiriman barang sekitar satu sampai dua bulan. Apa boleh buat, ada barang ada uang. Hehe. Paket yang aku kirim bingkisannya berupa kerudung, surat, souvenir khas Indo dengan berat total seperempat kilogram. Sebisa mungkin aku usahain kirim barang yang banyak tapi dengan berat barang yang ringan, biar ga berat diongkos. Kalaupun ga nyampe, ga berat2 banget buat meratapinya wkwk. Karena beratnya cuma seperempat, jadi biaya yang aku keluarkan saat itu sekitar Rp 56.000,- sudah termasuk asuransi barang.  
Setelah kirim barang dan nomor resi  terdaftar, kerjaanku tiap hari cuma scroll website EMS Pos Indonesia. Berharap cemas barangku bakal nyampe ke tangan Adam atau engga. Seperti yang udah aku jelasin di atas, waktu itu uang 56.000,- banyak banget bagiku. Aku harus bongkar tabunganku buat bayar bea jasa pengiriman. Dua hari setelah pengiriman dari Kudus, barangku udah nyampe di Jakarta. Berharap kalo estimasi pengiriman butuh waktu satu bulan – dua bulan itu hanya omongan tanpa dasar mba-mba yang jaga kantor pos biar aku ngambil ems express. “Semoga barang aku bisa nyampe di Amerika satu minggu! Ga sabar liat Adam nerima hadiah dari aku!”

 Alhamdulillah… terhitung dari tanggal 28 November, tanggal 4 Desember barangku udah nyampe ke Amerika, tepatnya di JFK Airport! Itu berarti Cuma butuh satu minggu barang bisa sampai ke Amerika. Senangnyaaaaa!!  Tahapan selanjutnya yaitu pengiriman ke kotak PO BOX Adam, yang saat itu tiba pada tanggal 8 Desember atau sekitar 4 hari dari inward OE ke kotak Adam. Karena aku kirimnya ke alamat PO BOX, jadi –sepahamku- barang itu ga dikirim ke alamat rumah, melainkan barang akan ditaruh ke kotak yang sudah dipesan oleh Adam. Jadi, estimasi waktu barang sampe ke tangan penerima, tergantung penerima sendiri kapan bakal buka kotak yang sudah dipesan (PO BOX).
status barang tiba di JFK Airport 
 Dua minggu, tiga minggu, empat minggu, lima minggu, status barang tetap sama, ‘attempted to delivery’. Itu berarti ada dua kemungkinan; barang udah ada di kotak penerima atau barang nyasar. Aku sendiri kurang tau sistem PO BOX seperti apa. Tapi yang pasti, aku panik! Waktu itu aku langsung mention orang yang bersangkutan, Adam. Karena dia seorang Youtuber, jadi rada susah buat dapat respons dari dia. Aku sendiri ga ada kontak apapun yang bisa dihubungi. Akhirnya, beberapa temanku di twitter mau bantu aku buat spam ke Adam. Tapi nihil. Yang ada setelah tiga hari kemudian, tanggal 24 Januari Adam buat video mail box tapi paketanku GA ADA! Aih.. aku buru-buru tracking pengiriman barangku, ternyata barang unclaimed. Duhhh.. :”(
status attempted to delivery

Aku sendiri ga tau kenapa barangku bisa unclaimed. Jadi aku pikir mungkin ada kesalahan dari pihak USPS New York (semacam jasa pengiriman seperti Pos Indonesia). Aku mention berkali-kali buat cari kejelasan maksud unclimed di sini apa; apakah barangku nyasar ke kotak orang lain atau emang dari pihak Adam Saleh ga mau menerima paket dari aku? Why? Dari pihak USPS sendiri menjelaskan kalau barangku akan dikembalikan ke Indonesia. Uww sedihnyaa. Tapi aku tetap berpikir positif, mungkin pihak USPS yang ada kesalahan.  Aku coba lagi untuk kedua kalinya!
tanya ke pihak USPS New York
 
respons dari USPS New York
Percobaan kedua aku kirim sekitar bulan April 2015. Waktu itu aku kirim barang dengan berat kurang lebih setengah kilo dengan tujuan sama, yaitu ke New York. Estimasi biaya saat itu sekitar Rp 106.000,- seperti biasa, tiga hari barang udah sampe di Jakarta, selanjutnya butuh empat hari untuk sampai di Amerika.  Mulai deg-deg-an lagi. Lagi-lagi barang aku tertahan di kotak Adam dengan status yang sama, yaitu ‘attempted to delivery’. Oh my goodness! Sampai akhirnya aku pasrah, kalaupun barang aku harus balik ke tanganku, seengganya barangku udah nyampe Amerika. Ternyata dugaanku benar, barangku unclaimed untuk kedua kalinya :”( kejadiannya hampir sama, aku lihat video mail box Adam, tapi paket dari aku ga ada. Pas aku cek, “unclaimed”. Setelah ditelaah dan membuka mata, bisa jadi status unclaimed itu bukan kesalahan dari pihak USPS, melainkan paketku emang ditolak Adam. Tega bener dah :( 
protes ke Adam
Aku coba lagi untuk ketiga kalinya. kali ini bukan ke alamat PO BOX, tapi ke alamat rumah langsung. Alhamdulillah untuk barang yang ketiga ini nyampe ke tangan temanku, namanya Russel dari Kentucky, USA. Yeay! Tapi sayangnya aku ga punya screenshot tracking pengiriman ke Russel. Jadi gabisa dishare di sini. Estimasi waktu dan biaya sama dengan sebelumnya.
Nah, aku sendiri rada sedih, sih, kenapa dua barang sebelumnya bisa gagal. Walaupun dalam hati sebel, karena ada kemungkinan Adam ga mau nerima paket dari aku, tapi harus tetap husnudzon, ya. Mungkin karena paket dari aku kena tax, jadi Adam milih buat ga menerima daripada harus bayar tax yang lebih mahal daripada nilai barang yang diterima. Saran aja buat teman-teman yang mau kirim barang ke luar negeri, usahakan kalian punya kontak yang bisa dihubungi. Biar nanti kalau ada apa-apa bisa tetap keep in touch sama penerima. Maklum, dulu tahun 2014 whatsapp belum begitu hits, pun waktu itu masih belum terlalu butuh whatsapp. Jadi kalo mau ngapain-ngapain harus lewat twitter atau instagram.
Okedeh.. sekian tulisan kali ini. Semoga tulisan ini dapat memberi informasi dan bermanfaat bagi teman-teman yang mau kirim barang ke luar negeri, terutama ke Amerika. Apabila ada kesalahan tentang pengiriman PO BOX boleh langsung komen atau yang mau kasih saran dan kritik juga boleeeh. Terima kasih, man-teman!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. kantor post tdk menerima pengiriman ke po box. Rabu last week saya kesana. paket bakal balik ke indo lagi. untuk tarif... 800 rb an pdhl ga sampe 1 kg 😩😩 ga jd ngirim dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dua kali berturut-turut juga gabisa mba akhirnya saya pake DHL waktu itu. kalo kek gitu kenapa ga dikasi tau dari awal ya mba kalo emang gabisa? bener2 buat rugi secara tenaga & materi huhu

      Hapus
  3. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Seninan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Seninan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus