Kado Untuk Greyson Chance


Dua tahun yang lalu tepatnya waktu kelas 9, itu adalah bulan ke 7 gue ngefan sama Greyson. Di waktu itu pula gue harus sibuk dengan jadwal persiapan UAMBN dan UN.

Entah gue lupa bulan apa. Waktu malam hari sekitar jam 11, gue lagi ngerjain tugas sekolah. Tiba-tiba hp gue bunyi. Awalnya gue malas buat buka sms itu. Cuma ngebuang-buang waktu. Tapi sms itu terus masuk ke inbox hp gue, ternyata Rere yang sms. DEG! Gue kaget. Ternyata itu adalah sms tentang kontes buku All About Greyson Chance – Majalah KaWanku.

“Ulya .. coba lo cek tl-nya W. W lagi ngadain kontes tentang Greyson. Lo harus baca! Sekarang!” – sms dari Rere

Dengan antusias, gue buru-buru buka twitter. Gue cari-cari tweets W tentang kontes itu. Yeah! Nemu link-nya!

Jadi di link tersebut dijelasin bagi Enchancers yang mau ikutan, kita bisa buat bingkisan. Terserah dan apa aja yang penting bukan barang mahal. Dan kalau bisa bingkisannya Handmade. Bagi lima bingkisan yang paling unik, akan dipilih dan diberikan ke Greyson langsung waktu konferensi pers Asia Tour-nya di Indonesia. Whoaa!

Setelah gue baca isi link tersebut, gue buru-buru beresin tugas-tugas gue yang belum kelar. Gue buka Scrapbook Greyson. Kebetulan gue nyisain 4 lembar kertas kosong di halaman akhir scrapbook. Di lembar kosong itu, gue nulis barang apa aja yang pantas buat dikasih ke Greyson. Gue nulis barang apa aja yang sekiranya gue mampu buat itu semua. Barang tersebut yaitu, wayang, boneka Bali, origami piano, boneka dari flanel (Greyson), dan boneka kawaii.

Paginya waktu di sekolah, gue ga bisa konsentrasi pelajaran. Gue malah mikirin barang apa yang pantas buat gue kasih ke Greyson. Gue rancang semua di buku catatan matematika. Dari mulai bahan dasar, terus nanti gimana cara dapat uang buat beli bahan-bahan, desain, cara kirim, minta izin sama ortu. Iya. Emang ribet, tapi ini tujuan gue.

Sepulang sekolah, gue keliling Kudus. Gue nyari wayang dan boneka Bali yang bisa gue inovasiin dengan salah satu yang berhubungan dengan Greyson. Tapi setelah 3 jam gue keliling Kudus, gue ga dapat apa-apa. Gue pun pulang ke rumah dengan kecewa.

Gue coret kata wayang. Memasuki ide ke dua, yaitu origami piano. Setelah sorenya gue muter-muter dan capek. Gue ga nyerah. Gue harus lanjutin perjuangan gue. Gue ga mau kesempatan emas ini gue lalui gitu aja. Gue mulai nyari asturo bekas warna hitam dan putih. 1 jam ... 2 jam ... yes jadi! Tapi gue mikir ulang. Apa mau Greyson nerima piano dari kertas bekas ini? Oh mean ..

***
Sebelum gue lanjut ke misi selanjutnya, gue harus nenangin diri gue dulu. Gue harus fokus ke Try Out. Gue ga mau kalo cuma gara-gara Greyson, nilai gue jadi anjlok.

Setelah 4 hari break, gue mulai tertekan. Deadline pengiriman bingkisan itu tinggal 10 hari. Gue harus buru-buru buat ide yang ketiga. Sepulang hari terakhir Try Out, gue langsung pergi ke toko flanel. Toko pertama yang gue tuju adalah toko Urip. Setelah berpanas-panasan menuju toko tersebut, ternyata flanel habis. Gue nundukin kepala. Lesu. Pengin nangis.

Sorenya, gue nekat buat pergi ke toko Urip 2 sendirian. Dengan bekal uang 15.000 gue pun beli flanel. Gue beli warna putih, sawo matang, hitam dan putih. Sisa 5000. Perasaan gue bahagia. Sepanjang perjalanan gue pulang dari Urip, gue ngebayangin jika boneka flanel itu jadi. Pasti Greyson senang buat nerima bingkisan dari gue.

***
Gue mulai ngerjain dari desain. Desain yang abstrak itu gue paksain buat menjadi pola yang bagus. Setelah pola jadi, gue mulai nyusun satu persatu. Dimulai dari membuat bagian kepala. Dilanjut dengan pembuatan bagian tangan, badan, dan kaki. Setelah bagian tubuh selesai, gue mulai membuat jas, tentu aja dari flanel. Ya. Jas pun jadi. Gue pasang aja di bagian perut dan kaki. Alhamdulillah ... tinggal merangkai kepala dan tubuh.

Kendala pun terjadi. Gue mikir gimana caranya buat nyambungin dua bagian itu. Di lem? Gamungkin. Itu gampang putus dan bagian belakang kepala ga rapi. Mau dijahit tangan? Oke. Gue mulai mencoba. Gue mulai menusuk dan manyambungkan dua bagian terpisah itu. Setelah tusukan ketiga, jarum mulai seret, mulai susah buat masukin ke bagian belakang. Tapi gue tetap berusaha, karena ini adalah ide terakhir.

2 jam berlalu ...

Selama waktu 2 jam itu, akhirnya gue bisa ngerangkai dua bagian menjadi satu. Tapi ... hasilnya sangat buruk, hasilnya ga rapi. Bagian kepala dan tubuh menggembung, sedangkan hanya bagian leher yang tipis karena jahitan. Gue mulai pasrah. Gue capek. Gue putus asa.

***
“Hai W... aku udah nyoba buat handmade untuk Greyson, nih. Tapi gagal terus. Gimana nih, W? Pasti yang lain keren-keren. Aku minder buat ngasih bingkisanku ke Greyson L” Tulis gue di page-nya Majalah Kawanku.

Tidak lama kemudian, gue dapat notif dari Majalah Kawanku.

“Hai Ulya ... Ayo dong semangat. Ini kesempatan kamu. Lebih baik dicoba daripada kamu menyesal karena ga ikutan. Ayo semangat, ya!”

Iya. Benar. Gue bakal nyesal kalau harus lewatin kesempatan ini. Gue harus nyoba lagi.

***
Gue mulai googling. Gue cari handmade yang cocok buat bingkisan cowok. Tapi kebanyakan tentang tata cara membuat sepatu handmade. Ide bagus. Tapi budget gue ga cukup.

Sigh! Gue mulai stress.

Cari di internet hasilnya nihil. Gue pun nyari ide dengan cara manual, yaitu pake otak. Apa, ya, yang sekiranya barang handmade tapi bisa dipake setiap hari? Pikir gue. Nah! Tumbler! Tapi udah terlalu biasa. Yang gue tahu, tumbler harganya sekitar 50ribu-an, sedangkan gue Cuma punya sisa uang 5ribu dan sisa kain flanel. Hua!

***
Di tengah-tengah keputusasaan gue, gue pun mulai mencoba berfikir tenang. Ini adalah harapan terakhir gue. Gue lihat kain flanel yang masih tersisa banyak. Gue terus gali ide gimana caranya biar kain flanel ini habis tanpa harus membiarkan kain flanelnya menjamur. Yep! Ide keluar gitu aja. Bantal. Gue harus buat bantal. Semangat gue balik lagi.

Gue mulai membuat dari desain dua kotak untuk bagian luar. Setelah ukurannya pas diantara keduanya, gue mulai menyambungkan keduanya dengan benang wol. Gue tusuk pake tusuk feston dengan membiarkan satu sisi terbuka untuk memasukkan drakon.

Karena gue tinggal di kota kecil, gue pun susah untuk mendapatkan dakron. Gue tanya ke tetangga, tapi ga ada yang tahu. Setiap pulang sekolah, gue selalu nyamperin toko-toko kain, tapi ga ada satupun penjual dakron. Gue bingung dan gue harus berpikir cepat karena deadline tinggal empat hari.

Gue memutuskan untuk membeli boneka. Boneka tersebut bukan untuk Greyson. Melainkan untuk gue ambil sebagian isi boneka tersebut untuk mengisi bantal kecil yang sebentar lagi akan menjadi milik Greyson. Gue harus merelakan uang 23rb untuk membeli boneka tersebut.

Sesampainya di rumah, gue pikir ini ide gila beli boneka hanya untuk diambil dakron. Huff. Tapi ini adalah harapan gue terakhir. Gue janji ga akan mgelanjutin misi tersebut kalau ide terakhir itu gagal.
Jahitan demi jahitan gue bongkar. Gue ambil setengah dari dakron boneka tersebut.

Setelah gue berhasil mendapatkan dakron dengan cara yang tidak wajar, gue mulai memindahkan dakron tersebut ke bantal kecil buatan gue. Bantal gue pun udah terlihat lebih manis dengan dakron tersebut.
Bantal gue pun jadi. Sekarang tinggal hiasan bagian luar. Gue harus buat bantal kotak itu menjadi sesuatu yang keren dan harus ada unsur Greyson-nya. Gue pun memilih untuk memberi hiasan tersebut dengan memberi tumpukan warna hitam di warna dasar cream. Gue rekatkan flanel hitam menggunakan lem. Setelah merekat, gue paduin warna hitam dengan tusuk feston bagian pinggirnya.

Yep! Bantal gue semakin terlihat cantik. Gue pengin, setelah ngasih bingkisan itu ke Gresyon, Greyson selalu ingat nama gue saat melihat bantal tersebut. Yeay! Ulya Love Greyson. Gue memilih tulisan tersebut untuk bagian depan. Holy crap! Gue segera bungkus dengan kotak nasi besar dan bungkus dengan kertas kado batik.

***
Setelah dua minggu gue memperjuangkan semuanya, akhirnya gue memutuskan untuk mengirim barang tersebut keesokan harinya.

Gue dengan susah payah membawa bingkisan tersebut ke sekolah. Dengan ukuran yang lumayan besar, teman-teman gue memandangi gue heran.

Syalalala lalaaaa ... Uhuyy.. Kebetulan waktu itu adalah hari Kamis, hari terakhir Try Out. Karena waktu itu adalah kali pertama gue pergi ke kantor pos, gue pun ngajak teman gue, namanya Priska.

Pengiriman pun sukses! Asik!

“Onyiiiit ... Aku udah ngirim bingkisan buat Greyson lho!” Tag gue ke @onyitkawanku

“Wah.. Aku tunggu, ya! Besok kalau bingkisannya udah sampai, nanti onyit mention, deh!”

Satu hari kemudian ...

“Ulya, bingkisannya udah sampai. Semoga terpilih, ya!” mention dari Onyit.

Alhamdulillah ...
***
Whooss... waktu begitu cepat. Ga terasa 3 – 4 minggu-an gue lewati setelah konfirmasi dari Onyit.

Mention dari Onyit
20 April 2012 di mana Greyson akan mengadakan konsernya di Indonesia. Gue pun merasa bahagia walaupun gue ga ikut nonton konsernya. Cukup dengan melihat teman-teman Enchancers bahagia, gue pun bahagia.

Siang itu terasa ringan. Gue pun merasa capek setelah mengikuti bimbel di sekolah. Gue memutuskan untuk tidur sebentar.

Kriiiing tiba-tiba hp gue bunyi.

“Lagi enak babuk kok yo ono sing mention. Sopo tho?” kata gue.

“Hai Ulya, selamat bingkisanmu terpilih untuk diberikan ke Greyson! Wah bakal dilihat di seluruh Indonesia nih!” mention dari Onyit.

“DEMI APAAAA??? AAAAAA ALHAMDULILLAH TERPILIH!!!” Gue teriak kegirangan. “Hah? Serius, Nyit? Ga bercanda, kan? Whoaa makasih,” kata gue sambil mengetik untuk membalas twitter dari Onyit.

Dua tweet dari Onyit tidak cukup untuk membuktikan kalau bingkisan gue benar-benar udah sampai di tangan Greyson. Gue membaca tweets Onyit dari atas sampai bawah. Hingga akhirnya gue menemukan tweet Onyit “Selamat buat yang terpilih!” dengan twitpic Greyson membawa bingkisan dari Majalah Kawanku saat konferensi pers. Whoaaa ...

Gue nangis. Iyaaaa gue nangis. Hal ini wajar buat cewek, apalagi fangirl kayak gue. AAAAA... I’m a lucky gurl!

Buku All About Greyson
Selain gue senang karena bingkisan gue terpilih untuk dikasih ke Greyson langsung, hal lain yang gue tunggu-tunggu adalah terbitnya buku All About Greyson Chance.

Di promosi Majalah Kawanku, dijelaskan bahwa buku tersebut terbit tanggal 2 Mei 2012. Gue menunggu majalah tersebut sekitar 3 minggu-an setelah pengumuman. Gue ga sabar ngelihat karya gue dimuat di majalah kawankuuntuk pertama kalinya.

***
Tanggal 2 Mei 2012 pun tiba. Sepulang sekolah gue pergi ke toko buku untuk membeli majalah tersebut, tapi belum ada.

“Mbak, ada majalah kaWanku yang cover-nya Greyson Chance ga? Majalahnya warnanya merah muda,” tanya gue ke mbak penjaga toko buku.

“Greyson itu siapa, Mbak?”

“Hah?” jawab gue shock, “Emm.. duh katanya hari ini majalah kaWanku terbit, mbak!” lanjut gue.

“Majalah Kawanku yang terbaru Cuma ini,” nunjukin majalah.

“Bukan yang itu, Mbak. Kalau yang itu aku udah punya. Pokoknya warnanya pink dan katanya terbit tanggal 2 Mei. Ini tanggal 2 Mei kan?” tanya gue agak nyolot.

“Mungkin pending, Mbak. Coba nanti sore ke sini lagi.”

Kecewa. Gue pun mencari ke toko buku lain, ternyata hasilnya sama, ga ada juga.
***
Sore harinya. Dengan semangat besar gue menuju ke toko buku seperti biasa. Gue memarkirkan motor dengan senyum mengembang kepada semua karyawan toko buku tersebut.

“Mbak, majalahnya udah ada?” tanya gue.

“Wah. Belum, Mbak.”

“Yahh.. beneran, Mbak, belum ada? Coba cek, Mbak. Pleaseee,”

“Belum ada,”

Yak. Jauh-jauh dari rumah ke toko buku. Ternyata bukunya belum ada juga. Gue memutuskan untuk pulang dan akan kembali lagi besoknya setelah sepulang sekolah.

***
“Mbak, bukunya udah ada?” tanya gue lagi.
“Buku All About Greyson Chance?”
“Iya,”
“Belum datang,”
“Yah, Mbak.. tapi didistribusikan ke sini(toko buku)kan, Mbak?” tanya gue dengan memelas.
“Belum tahu, Mbak.”
***
“Mbak, bukunya udah ada?”
“belum.”
***
Setelah berhari-hari (kira-kira 3 hari) gue bolak-balik ke toko buku, gue mulai pasrah. Seperti udah ga ada harapan lagi buat melihat karya gue dimuat di majalah untuk pertama kalinya.

Kriiiing
“Mbak, buku All About Greyson Chance-nya udah ada. Bisa diambil sekarang.” sms dari toko buku.

Yes!!! Gue dapat. Gue langsung menuju ke toko buku.

***
Setelah gue berhasil mendapatkan buku AAGC, gue sesegera mungkin membuka bungkus buku tersebut. Gue mencari bagian gift. Dan iya! Nama gue ada di situ, di bawah foto bantal kecil yang sekarang udah milik Greyson. Yeay!!!
 ----- selesai---

huaaa.. makasih buat yang udah menyempatkan diri buat cerita gue. Makasih juga buat Rere yang udah ngasih tau adanya kontes itu. Makasih juga buat Priska yang udah mau nemenin gue ke kantor pos. mhihihi..

Posting Komentar

0 Komentar