Trip to Bali Indonesia

Hai, apa kabs? Gue mau cerita banyak tentang Bali. Ya! B.A.L.I pulau yang indah dan eksotis. Banyak yang bilang sih, kalau Bali mirip sama Hawai (emang iya). Tapi kata kaos, sih (?) Bali tetaplah Bali, bukan Hawai yang di Amerika. Hehe
Oke langsung aja.
Jadi, gue berangkat bareng teman-teman sekolah gue dalam rangka study tour gitu. Kami berangkat sekitar pukul ... em.. berapa yaa lupa deng-_- ya kira-kira jam 8an pagi. Sebenarnya gue berangkat dengan berat hati, soalnya lagi musim hujan, ga enak badan, pilek, dan pengin ikut Ibu ke Depok juga. Tapi yaaa gitu ga diizinin ikut. Balik lagi ke cerita. Perjalanan Kudus ke Bali tuh, ya, panjaaaaaaang banget. Apalagi Kudus – Banyuwangi! Lebih gila 15 jam lebih bray! Dari Kudus jam 8 pagi, sampe di Banyuwangi jam 1 malam. Teparrr...

Nah jam 2 pagi, gue dan teman-teman udah nyampe di Pelabuhan Ketapang untuk menyebrang dari pulau jawa ke pulau Bali. Mantab.. Ternyata naik kapal ga seseram naik bis. Huhaha. Dari pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali kira-kira menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Ahhh ga nyangka bisa liburan ke Baliiii (oke. Ini norak). Tapi perjalanan belum berakhir. Kami harus ngelanjutin perjalanan ke tempat transit. Oh noooo...
Jam 5.30 WITA. Setelah sholat subuh kami lanjut perjalanan ke tempat transit. Selama perjalanan, pemandangannya kereeeen banget. Apalagi setiap rumah ada semacam pura yang lumayan besar, jadi gue anggap aja itu sebagai objek wisatanya. Di samping gue menikmati suasana kece itu, kepala gue mulai pusing gara-gara jalannya yang berkelok-kelok. Vertigo gue kumat. Dunia berasa berputar-putar bumi gonjang-ganjing. Huh.. ditambah lagi badan yang tepar dan AC yang ga bisa mati. Tambahlah penderitaan gue. Hueeekk... Dan gue pun muntah setelah bis-nya berhenti di tempat transit. Muahahaha... Ngakak (??)
Di Soka Indah (tempat transit) gue lumayan bete bc harus ngantri mandi. Vertigo gue tambah parah, perut lapar dan masih ada efek jalanan yang berkelok-kelok itu. Hiks. Rasanya gue pengin cepat balik ke rumah. Kangen tempat tidur L setelah gue pasrah ngeliat kamar mandi penuh semua, gue nyari tempat duduk yang enak buat ngerebahin badan. Dan yes! Gue nemuin kamar mandi yang lumayan lega. Yuhuuu... *nari ala indian* akhirnyaaaa gue nemuin aiiir, tapi sayang kamar mandinya lumayan kotor, kurang nyaman.
Setelah mandi, saatnya makan. Nah waktu makan gue bener2 pengin muntahin semua. Bc makanannya aneh dan minumannya aneh banget. Heuuu... Alhamdulillah... yang penting bisa makan. Ye gak?
Dari tempat transit kami lanjut ke Tanah Lot. Gue kurang tau berapa jam perjalanan dari Soka Indah ke Tanah Lot, bc kepala gue vertigo jadi gue tidur aja selama perjalanan. Yang pasti lama banget berjam-jam. Haahh.. Akhirnya waktu sampai di Tanah Lot, semuanya terbayar dengan adanya banyak bule yang bening-bening dan seksi *eh salah* maksud gue pemandangan di sana emang bener-bener keren banget. Jadi di sana ada semacam pura besar yang udah kayak museum. Tapi sayangnya gue ga berani naik ke Pura-nya bc gue habis menstruasi. Padahal (kata teman-teman) pemandangan dari atas lebih keren dibandingkan di bawah. Huuhh..
Ada hal menarik lainnya yang bisa gue ambil sebagai pelajaran. Karena waktu itu pertama kali menginjakkan kaki di Bali, gue cukup salut sama orang Bali yang ramah-nya emang benar-benar ramah ga kayak orang jawa. Ga cuma orang Bali yang ramah. Kalian pernah dengar kalau orang Indonesia ramah-ramah? Iya. Ternyata itu semua pendapat yang salah. Ternyata orang luar negeri lebih ramah. Dilihat dari bagaimana bule memperlakukan orang Indonesia. Misalnya, waktu itu gue ngelihat ada mbak-mbak yang jualan semacam mainan. Dia menawarkan barang-barang tersebut terhadap pengunjung. Nah, gue merhatiin mbak-mbak itu nawarin ke orang Indo (gatau dari mana), Mbaknya tanya “mbak, mau beli mainan ini mbak?” orang Indo itu tidak memperdulikan mbak-mbak yang jualan itu. Mbak yang jualan itu hanya tersenyum kecut. Beda sama bule, bulenya malah meladeni mbak-mbak itu walaupun akhirnya ga jadi beli. Dan mbak-mbak yang jualan tersenyum senang.
Ga cuma itu, Tanah Lot emang keren. Tapi sayang ada beberapa sampah yang menurut gue ga banget. Gue sempat ngelihat orang Indo habis makan langsung dibuang sembarangan. Sampah itu akhirnya ikut ombak yang lumayan besar. Gue miris. Lebih mirisnya lagi orang-orang ga peduli dengan adanya sampah itu. Mereka malah sibuk foto-foto. Tangan gue pengin ngambil, tapi apa daya ombaknya terlalu besar buat gue lawan. Dan akhirnya sampah itu hanyut hingga ke tengah laut. Hiks. Bye sampahhh... Harusnya kalau dikasih kesempatan liburan di alam, mereka juga ga hanya menikmati alam-nya doang tapi juga sebagai tempat merenung dan bersyukur *eakk
Selain gue menikmati semua pemandangan itu, gue juga menikmati kedatangan bule-bule(hahh?). Gue seneng bisa ngedengar mereka ngomong pake bahasa yang ga gue ngerti (??). kebanyakan dari mereka, sih, orang India, Jepang, Korea, keturunan Indo-China(?), US, dan masih banyak lagi. Aaaa kapan lagi ketemu bule sebanyak ini di Indonesiaaa (okee ini lebih norak, maklum di Kudus kagak ada bule).
Setelah menikmati pemandangan di Tanah Lot, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta. Yuhuuuuu... Here we goooo... jajaja.
Di Kuta Beach (ehm) gue galau. Iya G.A.L.A.U. Di sana ternyata bulenya lebih banyak. Kok galau? Karena gue tiba-tiba ingat pacar gue, Greyson Chance. Gue tau gue alay, sok emo, tapi inilah gue yang merindukan sosok laki-laki yang tinggi yang kalau lagi wawancara suka ngupil dan garuk-garuk kepala (duhh maap ya, Grey. Gue rasa itu lo banget). Selama perjalanan itu gue masang muka syedih. Ga Cuma keingat pacar tapi gue juga lumayan kecewa bc gue penginnya selama perjalanan dari Mr Kuta ke Pantai Kuta jalan kaki. Tapi malah naik mobil pariwisata (soalnya gue pengin mampir ke Surfer Girl. Muehehe).
Selama di Pantai Kuta kegiatan gue cuma lari-lari di pinggir pantai kayak yang di ftv-ftv gitu. Udah kayak orang gilaaaa. Karena udah mulai bosan lari-lari gue berusaha gabung sama teman-teman gue yang lagi berjemur memunggungi matahari (??). Aneh. Gue ngelihat bule berjemurnya menghadap ke matahari, tapi temen-temen gue malah memunggungi matahari (takut item kali, ye).
Kegalauan gue ga berhenti gitu aja. Waktu mepet sunset gue ngebayangin kalau Greyson ada di samping gue. Nemenin gue lihat sunset terus gue bersandar di pundaknya Greyson dan Greyson  nyanyi Home Is In Your Eyes ke gue, “I wanna holding your hand in the sand by the tire swing, where we use to be, baby you and me. I travel a thousand miles just so I can see you smile. Feel so far away when you cry, cause home is in your eyes,” AAAA... ROMANTIS BANGETTTT... tapi apa daya itu Cuma my imagine *brb nyanyi imagine*. Pas gue lagi asyik berimajinasi, tiba-tiba langit menangis._. Breeeesss... yesss gue sukses basah gara-gara hujan. Gue bingung harus lari ke mana. Pantai Kuta terlalu banyak pintu keluar jadinya gue ngekor di belakang teman-teman gue. Ahhh... GAGAL LIHAT SUNSET. HIKS
Setelah berbasah ria di pantai dan dapat tempat berteduh, gue terharu nangis (dalam hati) *hah? Jadi selama ini gue lumayan ga percaya kalau negara gue ini, Indonesia, bisa dapat kepercayaan banyak orang. Walaupun banyak fakta kalau orang asing nggak tahu kalau Bali adalah bagian dari Indonesia. Gue tahu hal ini waktu gue chat sama teman gue, namanya Vermeer. Waktu itu dia bilang mau datang ke Bali. Terus gue bilang pake bahasa inggris yang artinya, “jadi kamu akan mengunjungi negaraku? Whoaa.. I’m glad to hear that!” ga lama kemudian dia balas seperti ini, “what? Bali bagian dari Indonesia? Aku kira Bali adalah sebuah negara kecil.” Yeaaa itulah realita.
Pantai Kuta udah, saatnya ke hotel. Yess!! Akhirnya gue bisa ngerebahin badan gue yang udah hancur akibat goncangan bus yang ga ramah lingkungan._.v
***
Day 2
Hari ke dua gue sukses bangun pagi. Itu semua berkat alarm yang dipasang teman gue. Uyeee... Ah udah kali yaa langsung aja. Kebanyakan cincong dari tadi..
Objek pertama hari ke dua adalah Tari Barong dan Keris. Ga sabaaaaar.. Pagi itu gue udah antusias banget bc gue udah lama ga liat barongan di Jawa yang mulai tergerus modernisasi. Hiks. Tapi setelah perjalanan jauh dari Puri Jimbaran Hotel (tempat gue nginap) ke Batu Bulan tempat Tari Barong dan Keris, gue dan teman-teman gue yang lainnya sedikit kecewa. Gimana nggak, rombongan sekolah gue datang paling pagi, nungguin 1 jam lebih di sana. Dan rombongan sekolah gue paling banyak dibandingkan rombongan yang lain. Tapi di saat rombongan lain di sebutin nama satu persatu, sekolah gue nggak! OW OW.. Tapi yaaudah sih yaaa, ga usah dibawa serius. Hehe. Yang terpenting adalah menikmati budaya yang sudah ada di depan mata *aseek
Di Tari Barong dan Keris dikasih selembar kertas yang berisi tentang jalan cerita. Gue mau nyoba memahami cerita yang ada di kertas itu, tapi tetap aja susah bc gue udah lumayan eneg sama pelajaran Sejarah di sekolah. Gue memahami panggung dan cerita secara detail. Lumayan menghibur. Tapi yang bikin gue SHOCK, disaat gue lagi serius memahami alur cerita, tiba-tiba Barong-nya tepuk tangan sendiri #krik dan ternyata CERITA BARONG DAN KERISNYA UDAH SELESAI. Heh? Padahal waktu Ibuku ke Bali beberapa tahun yang lalu, di tempat tari Barong pasti selalu ada Tari Kecak-nya dab berdurasi kurang lebih satu jam. Kalau yang gue tonton GA ADA TARI KECAKNYA DAN CUMA BERDURASI 30 MENIT-AN. Kecewa sudahhhh... Hati gue langsung hancur di tempat itu juga.
Setelah merasakan kecewanya Tari Barong dan Keris, kami lanjut ke Cening. Di sana lebih parah lagi. Bukan Cening nya yang parah, tapi tempat sholatnya. GILAAA... tempatnya kotor dan sumpek banget. Ga bisa nafas. Di situ pula vertigo gue kumat. Gue sholat sambil desak-desakan, mukena gue diinjak-injak seenaknya. Waktu gue sholat pula, badan gue terdorong. Astaghfirullah. Udah kayak pembagian zakat yang ga tertib ajeee.
Dari Cening Bagus ke Desa Panglipuran. Lagi dan lagi. Setelah perjalanan jauh naik gunung, sampe di Desa Adat Panglipuran tiba-tiba hujan. Untung bawa payung sendiri. Yaudah gue terpaksa menerobos hujan dan basah-basahan buat keliling lihat Desa Panglipuran. Desa-nya kereeeen banget. Menurut cerita, orang Panglipuran ga boleh menikah dan mempunyai istri lebih dari satu atau istilah kerennya adalah monogami (memiliki satu istri) panteees kemarin waktu pelajaran Antropologi aku isi Poliandri jadi salah. wkwk. Dan bagi yang melanggar, mereka akan mendapat hukuman berupa diasingkan dari desa tersebut.  Ga Cuma itu. Walaupun namanya “desa” tapi katanya disana udah banyak pemuda yang bekerja di luar negeri. Ada yang kerja di kapal pesiar, dan masih banyak lagi. Wahh keren! Pelajaran yang gue dapat dari Desa Adat Panglipuran adalah mereka taat dengan hukum adat yang berlaku dan mereka ga Cuma mempertahankan budaya tradisional, tetapi juga menerima budaya modern dengan sebaik-baiknya.
Setelah dari Desa Panglipuran ada yang lucu nih. Jadi kami mampir ke Pasar Sukawati. Katanya,sih, di sana kita bisa nawar barang semurah mungkin. Tapi bagi orang yang ga tega nawar, biasanya mereka bayar semaunya. Setelah pada belanja di Sukawati, banyak banget tuh teman-teman pada heboh ngomongin harga yang beda-beda. Ada yang harganya 45.000 dapat dua pasang kaos, ada yang satu kaos harganya 75rb, ada yang 10.000, 5000. Pokoknya macam-macam dehhh.. Pas di bis GILAAA.. Pada marah-marah gara-gara harganya beda-beda. Huahaha... Ngakak parah, lebih rame dari pasar!
Okee.. Hari keduanya cukup sampai di sini aja yaaa.. panjang kalau gue harus cerita panjang lebar selama gue jadi joki dadakan di hari itu(??)
***
Day 3
Yaaaaa hari ketiga adalah hari terakhir gue di Bali dalam rangka study tour. Syedih...
Nah di hari ketiga lebih GILA. Sebelum malamnya sampai hotel, bis E udah dikasih wejangan kalau jam  6 WITA harus udah kumpul di tempat makan. Tapi alarm berkata lain(?) kamar gue yang terdiri dari gue, Evi, Finsa, dan Eva bangun telat. Bukan salah alarm-nya, sih.. Lagian gue udah dengar alarm, tapi gara-gara ngelihat teman-teman yang masih molor, gue jadi ikutan molor lagi. Dan BYARRRR... Evi bangun lihat jam ternyata udah jam 6 lebih 10. Mamposss.. telaaaaat... Evi langsung buru-buru ambil air wudhu. Sedangkan gue, finsa, dan eva bingung harus gimana. Yaudah kami harus misah nyari kamar mandi kamar sebelah yang udah kosong. Gue shock pas ngelihat teman-teman gue udah pada mandi sedangkan anggota kamar gue belum ada yang mandi. Oh goshhhh...
Mandi sudah. Gue dan yang lain buru-buru packing dan bersih-bersih kamar yang udah kayak habis main Jumanji (?) berantakan parah!
Oke cerita di hotelnya udahan yaaa.. Kita lanjut ke Joger aja. Teman-teman gue udah pada heboh buat beli pakaian untuk oleh-oleh. Gue? Diem. Sipp..
Di Joger ini tempatnya unik banget. Ga Cuma tulisannya aja yang bikin kita cepat sadar, tapi juga dari segi bangunannya. Di sana ada tempat khusus untuk anak-anak kecil, tapi orang dewasa boleh masuk. Dan pintunya di desain kecil. Aduhhh apa lagi yaaaa... Gue udah bosen flashback ahh.. udahan sampe di joger aja yaaaa.. bye...
Jangan ah.. Ga enak ceritanya gantung. Emm.. setelah dari Joger kami lanjut ke Bedugul. Pemandangannya kereeeeeeeen banget.. Danau-nya seksi.
Duhh udah ah ceritanya.. gue lagi galau. Asal kalian tahu yaaa gue nulis ini sambil nangis kejer gara-gara habis baca tweets-nya Stika (@CheekyGreyson) L  hikssss Greysoooooon... Gue baru nyadar kalo selama gue jadi Enchancers, lo ternyata jomblooo.. hiks... dan pada akhirnya gue sadar, kalo suatu saat nanti lo pasti punya pacaaaaar. Hiksss... IN THE FACT I’M JUST AN ENCHANCER, NOT YOUR GIRLFRIEND *CURCOL* *okesip ini ganyambung sama judul*
Hadoeehh.. makin ngaco deh nih ceritanya. Maap ye kalo ada kalimat yang ga nyambung dan sok intelek(??). Maap juga kalo ada perkataan yang kurang berkenan. Gue Cuma manusia biasa yang butuh kritik dan saran untuk sebuah perbaikan yang lebih baik *asek
Sekian,
Salam garing

Posting Komentar

0 Komentar