Kenapa Suka Turki - Semua Tentang Turki


sumber foto: kakimelancong.com
Halo, semuanyaa.. Apa kabar?

Kali ini aku mau ngasih tau ke kalian *eak kenapa aku suka Turki. Selain objek wisata yang bagus, berkat pengamatan kasar aku dan rasa penasaran aku terhadap mereka –pemain-, aku jadi tahu konsep sekularisme di Turki seperti apa. Lalu, apasih yang bikin aku suka banget sama Turki? Ada beberapa alasan, yang pasti aku sendiri kurang tahu kenapa aku suka banget sama Turki. Okay langsung aja

1)      99% orang Turki adalah Muslim, but ..
Intinya, pada poin ini aku suka Turki berawal dari rasa penasaran aku tentang sekularisme. Nah aku sering denger nama secular, tapi waktu itu aku belum tau pasti apa itu secular. Jadi, aku sering banget stalker pemain-pemain Elif. Nah di situ aku lihat foto-foto mereka yang jauh dari kesan bahwa mereka adalah muslim. Muncul pertanyaan, ‘kok mereka mabok? Kok mereka pake bikini di depan umum? Kok mereka pelihara anjing? Kok mereka …’ muncul banyak banget kok mereka …. Aku waktu itu mencoba kalem dan ga ikut-ikutan komen seperti yang lain –yang juga muncul pertanyaan kok mereka … . nah aku mikir, ‘apa ini yang dimaksud dengar sekularisme di Turki?’ yas. Karena aku tahu dikit tentang hal itu, dan aku pikir ga sopan juga buat ikut-ikutan komen. Dari sekularisme itulah yang bikin aku penasaran dan mencari lebih jauh apa yang sudah terjadi di Turki. Setelah aku cari tahu, aku pikir ini unik.

2)      Terletak di Dua Benua
Siapa sangka kalau Turki ada di dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Turki sendiri terletak di kawasan Eurasia. Wilayahnya berada dari Semenanjung Anatolia (Antalya) yang ada di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Di Turki juga terdapat Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

3)      Budaya Barat dan Budaya Timur
Tahu sendiri kan ya kalau Turki memiliki penduduk muslim sunni hampir 99%. Tapi almost of them mengikuti budaya barat. Seperti yang udah aku jelasin di poin pertama. Mereka muslim, tapi mereka juga melakukan hal-hal lain yang menurut aku jauh dari kesan bahwa dia adalah muslim. Tapi jangan khawatir, di sana semacam ada dua budaya. Anggap aja di sana ada dua golongan, yaitu kanan dan kiri. Anggap aja yang kanan adalah orang-orang yang masih berpegang teguh dengan nilai-nilai islaminya. Sedangkan yang kiri, anggap saja mereka yang mengikuti budaya barat.
Kenapa aku bisa bilang kayak gitu? Karena, lagi-lagi ini menurut pengamatan kasar aku. Jadi aku punya banyak teman dari Turki. Mereka sangat menjaga ajaran-ajaran Islam dengan kuat. Dan kebanyakan orang-orang dari golongan kanan ini, mereka bisa dikatakan ‘kurang suka’ dengan Mustafa Kemal –bapak revolusi Turki-, sedangkan mereka yang kiri, mereka sangat menghormati Mustafa Kemal, terbukti dengan mereka mengupload foto-foto MK beserta kutipannya. Dan kebanyakan dari mereka berbudaya barat.

4)      Loyalitas
Yap. Lagi-lagi berdasarkan pengamatan kasar aku. Kenapa aku bisa bilang loyalitas? You know, kalau kalian perhatikan baik-baik, orang Turki suka bawa bendera ke mana-mana. Ah, ga usah jauh-jauh lah. Kalau kalian nonton drama Turki, coba perhatiin kalau di sudut-sudut kota, rumah, bahkan di perkampungan, kalian biasa lihat kalau mereka memasang bendera Turki di sudut manapun. Okay. mungkin ini belum mewakili ‘loyalitas’ yang aku maksud.
Seperti yang udah aku singgung dikit di atas. Golongan kiri, mereka sangat menghormati Mustafa dengan cara menupload foto tentang beliau beserta kutipannya. Eits. Bukan hanya itu, bahkan mereka sering memeringati hari-hari pahlawan, kemerdekaan, hari revolusi, dan lain-lain. Ehm. Okay. mungkin ini juga belum mewakili loyalitas yang aku maksud.
Ada yang ingat peristiwa tentang percobaan kudeta Presiden Erdogan? Okay tenang aja aku ga bakal membahas siapa dalang di balik ini. Tapi setelah peristiwa itu, masyarakat Turki berkumpul dengan membawa bendera di sebuah lapangan –aku lupa namanya- dan yang pasti di sana ga ada istilah bayaran. Mereka datang dengan suka rela. Mereka berkumpul untuk meneriakkan demokrasi dan menolak kudeta pemerintahan yang sah. Ada banyak peristiwa yang ga mungkin aku jelasin di sini semua. Yang pasti, aku lihat dan menyimpulkan kalau orang-orang Turki punya loyalitas tinggi terhadap negaranya.



Okay. Aku rasa itu aja. Jadi, intinya yang bikin aku suka adalah Turki yang unik. Sebenarnya masih banyak alasan. Tapi aku rasa itu aja karena aku pikir udah mewakili. Apabila ada perkataan dan data yang salah aku minta maaf. Nah, untuk postingan selanjutnya aku mau posting tentang kenapa drama Turki lebih keren daripada drama lainnya. Okay! See you!

Posting Komentar

0 Komentar