Peneliti: Tentang musik klasik


          Selama ini banyak pendapat bermunculan tentang fungsi musik klasik. Terutama bahwa musik klasik meningkatkan intelegensi bagi seseorang yang mendengarnya. Intelegensi merupakan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari.
Fenomena bahwa musik klasik dapat meningkatkan intelegensi dibantah oleh peneliti dari University of Vienna Austria bernama Jacob Pietschnig, Martin Voracek dan Anton K. Forman dalam riset yang berjudul “Mozart Effect” . Dalam riset tersebut Jacob Pietschnig cs mengumpulkan pendapat dan fakta para ahli. Jacob cs mengadakan penelitian dengan cara mengumpulkan 3000 peserta untuk mendengarkan beberapa musik karya Mozart. Penelitian tersebut menghasilkan fakta bahwa dari 3000 peserta tidak mengalami perubahan dan pengaruh atau sesuatu yang mendorong peningkatan intelegensi setelah mendengarkan musik Mozart.
Bukan hanya itu saja, peneliti Jerman yang terdiri dari beberapa ilmuan, psikolog, filsuf, pendidik dan ahli musik juga mengumpulkan beberapa literature dan fakta mengenai efek musik Mozart yang dapat mencerdaskan intelegensi seseorang, terutama pada kecerdasan spasial.
Berbeda dengan Alqur’an, Alqur’an merupakan suatu mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Menurut penelitian Dr. Al Qadhi di klinik besar Florida, Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alqur’an dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar.
Begitu juga hasil riset Universitas Al-Azhar bahwa membaca Alqur’an dapat meningkatkan kinerja otak dan mempertajam ingatan hingga 80% karena terdapat 3 aktivitas baik, yaitu membaca, mendengar, dan melihat. Waktu yang tepat untuk membaca Alqur’an adalah setelah subuh dan maghrib. Pada saat itulah otak masih dalam keadaan fresh.
“Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari Tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yunus/10:57)

Posting Komentar

0 Komentar