Mengurangi Limbah Plastik Saat Belanja


Assalamo Alaykum, habibi habibti… kali ini gue mau bahas suatu hal yang penting banget dan lumayan serius. Mengenai lingkungan.
Saat ini banyak banget limbah plastik yang semakin menggunung. Hal ini dibuktikan dengan adanya tumpukan sampah yang kian meningkat di Indonesia. Indonesia sendiri saat ini menempati posisi kedua membuang sampah plastik setelah Tiongkok, yaitu 5,4 juta ton per tahun (14% dari total produksi sampah).
Gue sendiri sebagai pengamat amatir sering banget melihat di antara kita banyak yang masih menggunakan plastik secara cuma-cuma. Misalnya aja di lingkungan sekolah. Gue sering lihat teman-teman yang jajan di luar atau di koperasi. Dikit-dikit minta plastik padahal cuma beli satu macam sampai tiga macam. Ga usah jauh-jauh di sekolah, gue sendiri sering banget ngebantuin orang tua jualan, kebanyakan dari mereka pada minta plastik. sebenarnya pengin negor, tapi Ibu selalu bilang, "Udah ga usah. Orang sini emang kek gitu. Nanti malah pada tersinggung." Iya, tetangga gue pada sensitif :v atau kalau lagi jalan-jalan aja, gue sering ngelihat orang yang minum dengan kemasan plastik, mereka suka buang sampah sembarangan. Padahal tempat sampah ga jauh-jauh banget.
See? Penggunaan plastik di Indo udah mengkhawatirkan. Ditambah lagi kesadaran masyarakat yang kurang. Dari masalah tersebut, kita sendiri bisa mengurangi sampah plastik. Ya, SEMUANYA DIAWALI DARI DIRI SENDIRI. Caranya sederhana. Salah satunya adalah kalau ke mall atau kalau belanja, KITA BISA BAWA TOTEBAG SENDIRI DARI RUMAH. Kok gitu? Iyaa bayangin deh kalau kita belanja pasti kita dikasih kantong plastik sama mbak kasir, nah kalau kita menerima kantong plastik itu, berarti kita adalah salah satu penyumbang sampah itu. Hiii ngeriiii… Dengan begitu, seenggaknya dari diri kita udah berusaha mengurangi limbah plastik. Emang, sih, perubahannya ga terlalu signifikan. Tapi In Syaa Allah kalau banyak yang sadar akan hal ini pasti bisa berkurang. INGAT ! BERAWAL DARI DIRI SENDIRI. Gue sendiri juga lagi belajar yang kek gini. sering lupa juga sih. hehe..
Oh iya, tentunya jangan buang sampah sembarangan. Kalau misalnya di jalan ketemu orang yang buang sampah sembarangan, coba deh diingetin. Kalau takut, yaudah buang aja sampah doi yang dibuang sembarangan itu. Terus kalau di sekitar kita ga ada tempat sampah, mending sampahnya disimpan dulu di tas atau digenggam biar jalannya ga penuh sampah! Gimana? Sederhana kan?

FYI, gue pernah nonton acara TV tentang lingkungan. Nah di Australia pengurangan sampah plastik udah terlaksana sejak lama, terutama penggunaan plastik saan berbelanja. Hal ini bisa dilihat dari masyarakat yang udah mulai sadar kalau dampak penumpukan sampah sangat berbahaya.  Masyarakat Australia selalu bawa totebag sendiri dari rumah. Bahkan sewaktu ada semacam festival makanan di sana, masyarakat Australia selalu bawa piring kecil sendiri atau kalau ga bawa, biasanya udah disediain kertas dari stand. Tentu hal ini dampaknya bagus banget kalau pemikian kayak gini bakal ditiru orang Indo. Hoaaa bangga deh!

Posting Komentar

0 Komentar