Random Video Chat?

FriendlyStock
Ome TV merupakan salah satu random video chat yang sekarang lagi popular di Indonesia. Aplikasi ini juga sejenis dengan aplikasi lain seperti Omegle dan Azar. Dari aplikasi ini, kita bisa video chat dengan orang lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Aku sendiri sering lihat beberapa judul video youtuber yang suka ngeprank lewat Ome TV. Karena penasaran, aku memutuskan buat download Ome TV beberapa hari yang lalu. Waktu pertama kali make aplikasi ini kesan pertama adalah aplikasi yang ringan dan ga ribet masalah identitas dan profil kita –privasi-. Kita tinggal klik mulai untuk memulai video chat dengan orang lain secara acak, kalo ga suka tinggal skip aja pake kanal selanjutnya.

Awalnya aku piker aplikasi ini bakal secara random juga bisa buat video chat orang luar negeri, ternyata kebanyakan yang aku dapat orang-orang Indonesia. Waktu hari-hari pertama, sih, aman-aman aja. Aku sempet ngobrol sama beberapa orang, bahkan curhat. Dari sinilah aku mulai tertarik lagi buat main Ome TV dan buat nyari teman baru. Tapi sayangnya, setelah beberapa hari kemudian tepatnya sore ini, aku dapat pengalaman yang tidak mengenakkan.

Tadi sore waktu aku lagi bosan, aku memutuskan buat main Ome TV. Aku buka aja aplikasinya seperti biasa. Karena aku ini tipikal orang yang woles pengin video call sama siapa aja –cewek atau cowok- yang penting ga nyeleneh, aku bakal tetap lanjutin obrolan. Tapi sayangnya setiap kali aku mau ngobrol sama cewek selalu diskip. Dari sinilah aku mulai kepikiran, “Kok aku kurang kerjaan banget main ini, ya? Apa semua orang-orang yang main aplikasi ini semuanya ga ada hal lain yang lebih penting?” tapi karena aku udah bosan banget, jadi aku tetep lanjutin main Ome.
Aku ngerti, sih, kenapa orang-orang main Ome. Semua orang punya tipikal dan tujuan yang berbeda-beda buat main ini. Sejauh pengalaman aku main Ome, aku lebih sering dapat random chat anak kecil. Entah mereka yang masih sekolah SD SMP, nongkrong, atau iseng-iseng aja.  Semakin aku main Ome, semakin aku mendapatkan hal-hal yang aneh. Dari orang yang omes, ngomong kotor, dan shirtless. Aku mulai risih dan mulai ogah. “Dari tadi kenapa ga ada yang bener? Rata-rata anak-anak sekolah di sini. Sedangkan di sini juga banyak orang-orang yang ga sopan.” Dari sini aku mulai merasa kalo aplikasi ini banyak disalahgunakan.

Ga ada fitur profil, terutama nama, sebenarnya punya dampak positif dan negative. Positif buat orang-orang yang ga mau privasinya terganggu, negative karena setiap orang bisa saja melakukan hal-hal yang menjijikkan. Hal yang aku alami sore ini adalah aku nemu orang yang hampir ga make baju! Oh mean! Aku langsung shock dan pengin aku laporkan penyalahgunaan tapi aku udah terlanjur jijik lihatnya, jadi langsung aku skip. Ketiadaan nama inilah justru membuat beberapa orang melakukan hal-hal yang ga sopan, apalagi Ome tidak menyediakan daftar riwayat video chat. Jadi, kita makin susah untuk melaporkan penyalahgunaan aplikasi.

Bukan hanya itu. salah satu random video chat yang aku suka adalah Azar. Aplikasi ini hampir sama dengan Ome, tapi lebih lengkap dan (mungkin) lebih aman. Azar memiliki kelebihan dari Ome, di antaranya di Azar kita bisa melihat riwayat video chat, ada nama walaupun yang diperlihatkan hanya tiga huruf awal –contoh Ulya jadi Ul**-,  pemilihan negara random –jadi bukan hanya orang Indo-, ada identitas negara, dan ada fitur untuk chat dan add teman. Udah hampir dua tahun aku make aplikasi ini. Sejauh aku menggunakan aplikasi itu, aku baik-baik aja. Aku selalu dapat teman baru di sana.  Tapi, sore tadi aku mengalami hal yang ga enak untuk kedua kalinya –setelah Ome- di Azar. Yap. Salah satu pengguna (orang Indonesia) tidak menampakkan wajah video dan orang itu hanya mengeluarkan suara mendesah. Yuuuhh.. pengin aku skip, tapi salah satu rule di Azar kita ga bisa skip orang sebelum lima detik. Boom! Aku matiin kedua aplikasi itu dan aku takut buat buka aplikasi itu lagi.

Offf… sebenarnya cerita kayak gini emang udah banyak orang yang ngalamin, apalagi dulu waktu masih trend-nya Omegle. Pun begitu. Dulu waktu lagi trend Omegle, hampir semua orang yang make aplikasi itu mengalami hal-hal yang ga enak. Ada banyak tipikal orang yang main random video chat. Kita pun ga tau  tipikal orang yang seperti apa yang bakal kita dapat selama video chat. Pada faktanya yang terjadi sebenarnya, kebanyakan pengguna menyalahgunakan aplikasi yang dibuat untuk mencari teman justru dipakai untuk hal-hal yang menjijikkan. Untuk itu buat siapapun yang pengin dapat teman baru lewat aplikasi Ome TV atau sejenisnya tetap hati-hati. Jangan sampai aplikasi seperti ini justru makin buat kita nambah dosa. Saran aja buat kalian yang pengin dapat teman baru, baik di luar negeri mauapun dalam negeri, untuk download aplikasi chat biasa aja yang di sana terdapat fitur video chat. Jadi, kita bisa berkenalan lewat chat terdahulu kemudian video call. Dengan begitu mungkin bisa meminimalisir hal-hal di atas.

Posting Komentar

1 Komentar