Bertemu Om Xin



sumber foto: http://pamba.deviantart.com/art/Vintage-love-341959356
 
Satu minggu yang lalu, gue pulang ke rumah. Perasaan gue bener-bener campur aduk. Gue seneng karena gue bakal ketemu orangtua, mbak, sepupu, dan saudara-saudara gue lainnya. Tapi di sisi lain gue sedih karena tugas gue banyak dan waktu gue balik ke pondok, pasti gue nangis gara-gara inget rumah terus. Mais pas de problem! Gue yakinin diri gue kalo gue ga boleh nangis dan inget-inget rumah terus.

Minggu pagi, orang-orang sibuk mempersiapkan acara pernikahan sepupu gue. Begitupun gue yang juga pura-pura sibuk. Beberapa orang merapikan kursi, masak, bungkusin kue, dan lain-lain. Gue seneng. Ceci comme un reve! Ini kayak mimpi. Purquoi? Kenapa? Karena di tengah-tengah kesibukan gue di kampus dan pondok, gue masih sempet lihat senyum, ketawa, sedih, dan lelahnya mereka. Semacam obat yang udah lama ga gue rasain dalam satu setengah tahun ini.
Acara inti dimulai sekitar jam Sembilan pagi sampai jam setengah sebelas, yaitu penyambutan tamu pihak perempuan. Setelah acara inti, orang-orang mulai berdatangan. Istilahnya ‘nyumbang’ dalam bahasa Jawa. Di tengah-tengah tamu yang berdatangan, gue melihat sosok yang ga asing dalam sepanjang sejarah hidup gue. Gue lihat-lihat lagi tubuhnya yang tua itu. Beliau menggunakan polo putih dengan wajahnya yang beretnis Cina. Deg! Gue ingat siapa beliau. Beliau adalah Om Xin. Gue menahan tangis waktu itu. Gue masih ga percaya setelah tiga belas tahun gue ga pernah ketemu, akhirnya gue ketemu lagi di acara pernikahan sepupu gue. Gue menghampiri beliau. Beliau masih bingung dengan siapa beliau berjabat tangan.  
“Om Xin, saya Ulya…” kata gue. Beliau masih diam dan memikirkan sesuatu. Gue paham.
“Ulya? Udah gede sekarang…” jawab beliau sambil mengelus kepala gue.
“Iya, om.. hehe.”
“Fauzul mana?” tanya beliau lagi. Saya tahu sosoknya yang baik. Beliau masih ingat siapa gue dan kakak gue.
Tubuhnya tua. Untuk berjalanpun udah ga sesemangat dulu. Beliau duduk di samping meja makan. Beliau menolak duduk di kursi putih tamu dan lebih memilih duduk lesehan di samping meja tamu. Beliau mulai melahap nasi soto dengan mata kosongnya. Sayangnya, gue belum sempat foto bersama beliau.
Siapa Om Xin? Beliau adalah sosok yang luar biasa baik. Jadi waktu gue masih kecil, gue sering dititipin ke nenek gue. Kebetulan nenek gue punya usaha kecil-kecilan di pasar dan waktu itu hidup gue emang di pasar. Nah, di sebelah kanan gerai milik nenek, adalah gerai milik Om Xin, sedangkan sebelah kirinya gerai milik bu dhe. Hampir tiap hari gue di pasar bantu-bantu nenek ngambil telur asin, bantuin bu dhe lipat-lipat baju dan merapikan plastik-plastik yang berserakan, lihat nenek yang dengan cekatannya membelah kulit kelapa dengan pisau tanpa gagang kayu, dan bermain di gerai milik Om Xin.
Gue, Kakak, dan sepupu gue, tiga srikandi yang tak terpisahkan ini, sering main ke tempat beliau. Kenapa? Karena hanya tempat beliau satu-satunya yang paling bersih. Beliau menjual emas waktu itu. Di sana ada almari yang besar juga space yang luas. Kita sering tidur di sana, main-main, pura-pula jualan di tempat itu, dan juga hal-hal menarik lainnya. Satu hal lagi yang bikin kita suka, yaitu di almari kayu lusuhnya ada koin kuno sebagai pengunci almari. Ga tau kenapa kita suka banget mainin koin itu, padahal koin itu udah lusah dan ga bisa diambil.
Bukan hanya tempatnya, beliau adalah sosok yang dermawan. Dulu kalau nenek dan bu dhe udah mulai capek, gue diasuh Om Xin. Beliau selalu ngajak gue keliling pasar dan beli makanan dan mainan. Gue dulu cengeng *sampai sekarang. Dikit-dikit nangis, pengin ini itu. Tapi beliau dengan wajahnya yang lelah, beliau tetap ngajak main gue. Bahkan, kadang gue diajak dengan motor bututnya yang bewarna merah. Gue tahu waktu itu toko emas milik beliau sepi. Tak serame toko-toko emas di luar pasar, tapi beliau tetap merekahkan senyuman beliau dan dengan sabarnya ngasuh gue, mbak, dan sepupu gue. Kami bertiga.
Itu hanya sepenggal cerita tentang Om Xin. Masih banyak hal menarik lagi tentang beliau yang ga bisa gue jelasin di sini. Yang pasti sosok beliau udah melekat kuat di benak dan hati gue, mbak, dan sepupu gue. Beliau udah jadi bagian dari hidup kami. Setiap Idul Fitri, kami selalu merencanakan untuk berkunjung ke rumah beliau. Tapi sayang setiap tahun rencana itu harus diurungkan. Dan akhirnya kami bertemu beliau setelah tiga belas tahun ga pernah bertemu. Iya. Semenjak gue SD, gue udah jarang main ke pasar. Sesekalinya ke pasar, toko beliau tutup. Toko beliau udah mulai jarang buka karena sepi. Bahkan waktu itu gue pernah mendengar kabar beliau yang katanya sakit. Tapi Alhamdulillah… waktu gue bertemu beliau, beliau sehat dan masih ingat gue. Semoga Om Xin selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Tuhan. Terima kasih, Om Xin…

Posting Komentar

0 Komentar